Kamis, 31 Agustus 2017

harddisk eksternal tidak terbaca

Hardisk External atau USB Tidak Terdeteksi? Cobalah Langkah-langkah ini: #WA Datarecovery.co.id 08562761888.

Sebuah Drive Eksternal baik itu berupa USB flash drive atau hardisk external harusnya mudah untuk digunakan. Tetapi dalam beberapa kasus, ketika anda menghubungkan drive ke komputer  atau perangkat lain dengan port USB dan menemukan bahwa hardware itu tidak dapat  dikenali. Masalah ini bisa dapat disebabkan oleh masalah partisi pada drive eksternal Anda, menggunakan sistem file yang salah, port USB mati , masalah driver di Windows, atau masalah lainnya . Dalam skenario kasus terburuk, drive itu sendiri yang mungkin hanya mati.


Langkah-langkah di bawah ini akan menunjukan baik untuk USB flash drive dan hard drive eksternal yang lebih besar.

Bagaimana tampilkan Hardisk External atau USB di Disk Manajement?

Untuk melakukannya, sambungkan Hardisk exsternal atau USB  anda ke Komputer, kemudian tunggu beberapa saat, lalu buka alat Disk Manajement. Untuk melakukannya , tekan tombol Windows + R , kemudian ketik diskmgmt.msc pada dialog Run , dan tekan Enter .

open-disk-management-tool

Disini anda akan melihat drive eksternal yang terdaftar di jendela Manajemen Disk . Bahkan jika itu tidak muncul dalam jendela komputer karena tidak mengandung partisi, seharusnya muncul di sini .

Jika Anda melihat drive di sini, Anda dapat melanjutkan ke bagian terakhir di mana kami akan memformat dengan baik sehingga Windows atau perangkat lain dapat mengakses dan mengenalinya.

Jika Anda tidak melihat drive di sini, lanjutkan ke bagian berikutnya di mana kami akan mencoba untuk menentukan mengapa drive tersebut tidak dapat dikenali.

Membuat Windows Mengenali Drive

Jika Windows tidak melihat drive anda sama sekali, mungkin ada masalah hardware dengan port USB komputer Anda, masalah driver dengan komputer Windows Anda, atau drive yang mati.

Pertama, cabut drive dari port USB  dan coba hubungkan ke port USB lain di komputer Anda. Jika bekerja di salah satu port USB tetapi tidak pada yang lainnya, Anda mungkin memiliki port USB yang mati. Jika Anda memasang drive ke hub USB, coba untuk menghubungkannya ke komputer sebagai gantinya. Beberapa hub USB tidak akan memberikan daya yang cukup untuk drive eksternal agar berfungsi.

Jika drive masih tidak muncul di Disk Management bahkan setelah Anda memakai hub USB dan ketika menghubungkan ke port USB lain di komputer Anda, sulit untuk mengetahui secara pasti apakah drive itu sendiri yang buruk atau komputer mengalami masalah. Jika Anda memiliki komputer lain di dekatnya, cobalah masukkan drive untuk memeriksa apakah itu terdeteksi. Jika drive tidak bekerja pada komputer manapun, pastikan untuk memeriksa kembali apakah itu muncul di jendela Manajemen Disk, dan jika hal tersebut tidak anda maka drive itu sendiri mungkin mati dan perlu diganti.

Jika drive tidak bekerja pada komputer lain – atau anda tidak memiliki komputer lain di sekitar untuk mengujinya, anda dapat memeriksa ini menggunakan Device Manager.

Untuk membukanya, tekan Windows Key + R, ketik “devmgmt.msc” dalam dialog Run, dan tekan Enter.

device-manager-removable-drives

Carilah di bawah Disk drive dan periksa setiap perangkat dengan tanda seru berwarna kuning di samping mereka . Jika Anda melihat tanda seru berwarna kuning , Anda memiliki masalah driver. Klik kanan pada perangkat dengan tanda seru berwarna kuning, pilih Properties , dan lihat pesan kesalahan yang ditampilkan. Pesan kesalahan ini dapat membantu Anda memperbaiki masalah  dan anda mungkin bisa melakukan pencarian Google mengenai pesan kesalahan yang Anda temukan .

Anda mungkin bisa menggunakan tombol Update Driver untuk menginstal update driver, gunakan Roll Back pada tombol Driver atau menggunakan tombol Uninstall untuk meng-uninstall perangkat dari sistem Anda dan berharap bahwa Windows akan menginstal ulang driver dan mengkonfigurasinya dengan benar ketika Anda menyambungkan kembali drive .

Partisi dan format Drive

Kita dapat menggunakan alat Windows Disk Management untuk memperbaiki partisi dan sistem masalah file dengan drive . Jika Anda melihat bahwa drive tidak memiliki partisi, anda bisa membuat partisi baru di atasnya . Hal ini juga akan memungkinkan Windows dan sistem operasi lain untuk menggunakannya .

Untuk melakukannya , klik kanan di dalam unallocated space, pilih New Simple Volume , dan lalui langkah ini untuk membuat partisi baru .

Hardisk External tidak terdeteksi

Jika drive anda dipartisi dan anda masih tidak bisa melihat, pastikan Anda telah menetapkan huruf drive sehingga Anda dapat mengaksesnya di Windows. Ini biasanya terjadi secara otomatis, tetapi jika Anda sudah secara manual men-set huruf drive , drive mungkin tidak muncul dan dapat diakses di Windows.

Untuk melakukan ini, klik kanan partisi removable drive , pilih Change Drive Letter and Paths , dan tambahkan huruf drive . Misalnya , tambahkan huruf G : dan removable drive akan dapat diakses di G :.

Jika drive tidak muncul untuk dipartisi , mungkin anda mempartisi dengan file system yang salah. Misalnya , Anda mungkin telah memformat drive dengan sistem file ext4 dari Linux atau sistem file HFS Plus dari Mac . Windows tidak dapat membaca sistem file ini . Formatlah drive dengan sistem file NTFS yang lebih baru atau sistem file FAT32 yang lebih tua sehingga Windows akan dapat mengenalinya .

Untuk memformat partisi , klik kanan , pilih Format , dan pilih file system yang Anda inginkan .

Catatan bahwa langkah ini akan menghapus semua file pada drive.

Jika Anda tidak dapat mengakses drive dari perangkat lain , seperti DVD player, Smart TV , konsol game , atau perangkat media center , hal tersebut mungkin diformat sebagai NTFS . Banyak perangkat , bahkan Microsoft Xbox 360 , tidak bisa membaca sistem file NTFS Windows . Mereka hanya dapat mengakses drive yang diformat dengan sistem file FAT32 yang lebih tua . Untuk memperbaiki masalah ini, format partisi NTFS sebagai FAT32 .


Mengikuti semua proses ini seharusnya bisa mengatasi sebagian besar masalah dalam pengakuan disk yang Anda akan temukan . Jika drive tidak diakui oleh komputer manapun saat anda terhubung dan tidak pernah muncul di jendela Manajemen Disk, ada kemungkinan drive sudah mati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar